Gaulfremanusiash.Com-Dalam melakukan setiap aktivitas kita perlu memiliki tolak ukur. Mengapa? Agar kita menjadi tahu sampai mana kemajuan dari aktvitas yang kita perbuat. Tentu saja tidak semua orang memiliki tolak ukur yang sama. Hal ini bisa terjadi karena mereka memiliki persepsi yang berbeda-beda.
Lantas bagaimana kita dapat menentukan tolak ukur dalam sebuah aktivitas? Maka hal pertama yang harus kita lakukan adalah memahami dengan jelas aktivitas yang kita lakukan. Contohnya, aktivitas perkuliahan. Fakta-fakta tentang perkuliahan haruslah kita kumpulkan dengan sempurna. Setelah fakta tersebut di dapatkan barulah kita bisa menentukan tolak ukurnya. Sebagai seorang muslim. Tentu tolak ukur yang digunakan adalah sesuai atau tidak dengan hukum syara. Hukum syara sendiri terbagi menjadi wajib, sunnah, mubah, makruh dan haram. Tentu saja kita harus terlebih dahulu melakukan aktivitas yang wajib dahulu. Setelah itu aktivitas sunnah dan seterusnya.

Namun aktivitas ini juga harus memiliki tolak ukur yang kedua yaitu efektivitasnya. Jika aktivitas-aktivitas tersebut dilakukan dengan sempurna atau dari awal sampai akhir bisa dilaksanakan dengan maksimal maka otomatis efektivitasnya telah berhasil dilakukan. Contohnya aktivitas perkuliahan. Efektivitasnya yaitu tingginya IPK dan wisuda dengan waktu yang lebih singkat. Maka otomatis tolak ukur efektivitasnya menjadi lebih baik. Itulah tolak ukur yang mestinya dimiliki oleh kita sebagai muslim.

http://gaulfresh.com/wp-content/uploads/2015/04/manusia.jpghttp://gaulfresh.com/wp-content/uploads/2015/04/manusia-150x150.jpgAnsarullah Narang(Kontributor Gaulfresh)Tsaqofahmanusia,perbuatan,tolak,ukurGaulfresh.Com-Dalam melakukan setiap aktivitas kita perlu memiliki tolak ukur. Mengapa? Agar kita menjadi tahu sampai mana kemajuan dari aktvitas yang kita perbuat. Tentu saja tidak semua orang memiliki tolak ukur yang sama. Hal ini bisa terjadi karena mereka memiliki persepsi yang berbeda-beda. Lantas bagaimana kita dapat menentukan tolak ukur dalam...Refresh Your Mind
The following two tabs change content below.

Ansarullah Narang(Kontributor Gaulfresh)

Saya seorang Mahasiswa Pendidikan Fisika di Universitas Nusa Cendana. True Vision saya adalah Surga Allah SWT dan Big Vision saya adalah Menjalani peran-peran dalam kehidupan dengan maksimal untuk meraih Ridho Allah SWT. Salah satu Big Vision saya yaitu menjadi seorang Pendidik yang Profesional. 🙂

Latest posts by Ansarullah Narang(Kontributor Gaulfresh) (see all)