c1892f814c557b6a8106ef7352ce1fca

GalFresh.com- Ada yang mengelompokkan Islam dengan sebutan Islam kaku dan Islam moderat. Penganut Islam kaku itu, sebutan bagi mereka yang nggak mau kompromi dengan paham di luar Islam. Mereka yang ingin merdeka, yaitu menghamba sepenuhnya pada Allah Swt. Saat al Qur’an surat Yusuf ayat 40 mengatakan, “innil hukmu illa lillah (Sesungguhnya hak membuat hukum adalah milik Allah Swt), maka muslim penyandang Islam yang dianggap kaku itu hanya mau diatur sepenuhnya sama aturan Allah Swt.

Saat al Qur’an surat al Baqarah ayat 42 menerangkan larangan Allah Swt, “la talbisul haqqa bil bathil (Janganlah mencampur adukkan antara yang haq dengan yang bathil), maka mereka yang disebut penganut Islam kaku ini, ingin memurnikan keberIslaman mereka. Tak mau Islam bercampur dengan sekulerisme, tak mau Islam bercampur dengan demokrasi. Mereka meyakini sepenuhnya janji Allah Swt itu pasti, syurga itu pasti, neraka itu pasti, hingga mereka takut untuk melanggar aturan Allah Swt.

Sementara penganut Islam moderat, digambarkan sebagai muslim modern didikan Barat. Mereka yang mau menerima nilai-nilai kehidupan Barat. Mereka yang tak masalah mengucapkan selamat natal dan ikut perayaan natal. Mereka yang menerima keberadaan homo. Mereka yang menganggap semua agama mengajarkan kebaikan, sehingga muslim tak boleh menganggap Islam sebagai satu-satunya agama yang benar. Mereka yang kehilangan keyakinan terhadap al Qur’an surat Yusuf ayat 40 dan al Qur’an surat al Baqarah ayat 42. Mereka yang pupus keyakinan bahwa satu-satunya jalan hidup yang diridhai Allah Swt adalah Islam, innaddiina ‘indallahil Islam.

Pengkotakan semacam Islam kaku dan Islam moderat adalah propaganda Barat, untuk memecahbelah umat Islam. Mereka ingin muslim sama muslim berantem. Yang mau menerima pemikiran barat dipuji, yang menolak nilai-nilai Barat karena memang Islam melarang dicaci maki. Sungguh selama kaum muslim tidak kembali pada penerapan al Qur’an dan as sunnah sepenuhnya, maka orang-orang kafir akan leluasa mengobok-obok umat Islam.

By. Eva Arlini (Kontributor Gaul Fresh & Aktivis MHTI)

 

 

Eva MustanirTsaqofahIslam Kaku,Islam ModeratGalFresh.com- Ada yang mengelompokkan Islam dengan sebutan Islam kaku dan Islam moderat. Penganut Islam kaku itu, sebutan bagi mereka yang nggak mau kompromi dengan paham di luar Islam. Mereka yang ingin merdeka, yaitu menghamba sepenuhnya pada Allah Swt. Saat al Qur’an surat Yusuf ayat 40 mengatakan, “innil hukmu illa...Refresh Your Mind
The following two tabs change content below.
Orang Medan yang rindu hidup dalam Kehidupan Islam, hobi nulis untuk memperluas jangkauan dakwah. 5 buah tulisannya sudah dibukukan dalam buku antologi. Berbagai artikelnya pernah dimuat di surat kabar lokal maupun nasional. Semoga kemenangan Islam cepat terwujud, amin

Latest posts by Eva Mustanir (see all)