gelarGaulfresh.com – Ada yang pernah mengatakan apalah arti sebuah nama. Sebuah kata yang melegenda hingga saat ini. Toh tanpa nama, mawar akan tetap wangi. Tapi ini berbeda dengan pandangan Islam. Islam memandang nama adalah sebuah do’a. Itulah mengapa disunahkan memberi nama yang baik pada anak-anak kita. Dalam hal tertentu nama juga merupakan identitas yang menunjukkan kedudukan di masyarakat.

Tidak jarang untuk menegaskan status itu ada tambahan gelar. Gelar dalam nama bisa didapat melalui jalu akademik seperti sarjana, master, doktor , atau profesor. Namun ada pula gelar yang melekat karena masyarakat yang menyematkannya.

Berikut adalah beberapa gelar yang biasa dikenal dalam Islam.

  1. Ahlul Bait

Ahlul bait secara harfiah berarti orang rumah atau keluarga. Dalam dunia Islam ini dipakai untuk menyebut keluarga Rasulullah, mulai istri-istri, anak-anak, hingga cucu-cucu beliau. Ahlul bait tidak diperkenankan makan harta hasil sedekah karena harta sedekah.

  1. Al Imam

Al Imam secara bahasa artinya pemimpin. Al Imam berarti orang yang memiliki banyak pengikut dalam suatu gerakan sosial, ideologi, atau aliran pemikiran. Diantara yang memiliki gelar imam adalah Imam Bukhari, imam para ahli hadits.

  1. Allamah

Gelar allamah diberikan pada akademisi atau para sarjana yang memiliki kecerdasan tinggi mengenai pemikiran Islam.

  1. Al Hafidz

Gelar ini biasanya diberikan pada orang yang ahli dalam bidang hadits. Seseorang bisa mendapat gelar ini jika menguasai minimal 100.000 hadits baik matan, sanad, dan dan mampu membedakan derajat hadits. Salah seorang yang memiliki gelar ini adalah Al Hafidz Ibnu Hajar Al Asqalani.

  1. Hujjatul Islam

Hujjatul Islam bermakna orang yang membela Islam. Gelar hujjatul Islam diberikan pada para ulama yang mempertahankan kemuliaan Islam dengan pendapat-pandapat yang sudah dipatahkan. Diantara yang mendapat gelar ini adalah Imam Ghazali.

  1. As Syahid

Gelar ini diberikan pada orang yang gugur dalam memperjuangkan Islam. Diantara yang paling terkenal adalah Hamzah bin Abdul Muthalib yang mendapat julukan sayyidus syuhada (ketua para syuhada)

  1. Mufti

Mufti adalah orang yang berwenang memberikan fatwa pada masyarakat. Kalau dalam masyarakat kita saat ini peran itu diambil oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI)

Itulah beberapa gelar yang biasa dipakai dalam Islam. Tentu saja masih banyak gelar yang ada tapi gelar di atas biasanya yang sering kita dengar. Semoga dengan ini kita lebih tahu lagi ya…

Andi Ardianto (Kontributor GaulFresh dan Peminat Pendidikan)

 

Andi ardiantoTsaqofahdalam,gelar,IslamGaulfresh.com - Ada yang pernah mengatakan apalah arti sebuah nama. Sebuah kata yang melegenda hingga saat ini. Toh tanpa nama, mawar akan tetap wangi. Tapi ini berbeda dengan pandangan Islam. Islam memandang nama adalah sebuah do’a. Itulah mengapa disunahkan memberi nama yang baik pada anak-anak kita. Dalam hal tertentu...Refresh Your Mind
The following two tabs change content below.

Latest posts by Andi ardianto (see all)