pengasuhanGaulfresh.com – Dunia anak adalah semesta luas. Dunia tanpa batas yang tidak sekecil tubuh mereka. Dunia yang sering menjebak orang tua pada emosi tak berdasar. Dunia anak inilah yang akan menentukan bagaimana kelak dewasanya. Sering orang tua mengkhawatirkan pendidikan tinggi di universitas. Padahal pendidikan paling penting justru ada di awal kehidupan anak. Salah didik di sini akan berkonsekuensi tidak sedikit ke depannya.

Ida S. Widayanti dalam buku Mendidik Karakter dengan Karakter (2012) mengutip perkataan Tony Busan, ahli brain management, “Jika akan menuju planet Mars, lalu ada penyimpangan arah satu centimeter saja di awal pemberangkatan, bisa jadi pesawat tidak sampai di Mars. Kesalahan kecil di awal perjalanan bisa jadi menimbulkan penyimpangan yang sangat jauh sehingga tidak sampai di tujuan” Tony Busan melanjutkan, “Jika ada penyimpangan sedikit pada pendidikan usia dini, maka pada usia dewasa penyimpangan akan semakin lebar. Sehingga anak menjadi sosok dewasa yang jauh dari yang diharapkan”

Hal ini kian dipertegas Mohammad Fauzil Adhim yang mengatakan bahwa sebanyak apapun ilmu yang didapat di bangku kuliah, pendidikan yang paling berpengaruh adalah di masa kecilnya. Itulah mengapa beliau selalu mengatakan usia dini adalah “saat berharga untuk anak kita”, sebagaimana judul buku yang dikarangnya.

Kalau hari ini kita melihat anak yang begitu agresif menyakiti temannya, intoleransi, minder, mungkin karena didikan masa kecilnya yang mendukung semua itu, atau minimal ada pembiaran saat dulu dia melakukan hal itu.

Sama halnya ketika kita menyaksikan banyak orang dewasa yang bisa produkif bekerja, disiplin, atau menghargai orang lain, kita bisa menebak bagaimana didikannya di waktu kecil. Karena keberhasilan pembinaan usia dini akan berdampak positif di waktu dewasa.

Saat menatap putri tercinta terlelap dalam tidurnya, Saya merenung sudah pantaskah Saya dipanggil bapak? Atau jangan-jangan Saya dipanggil bapak hanya karena telah punya anak sementara ilmu untuk menjalani perannya nyaris tidak ada.

Andi Ar

Kontributor GaulFresh dan Peminat Pendidikan

Andi ardiantoTips Trikpengasuhan,prinsipGaulfresh.com - Dunia anak adalah semesta luas. Dunia tanpa batas yang tidak sekecil tubuh mereka. Dunia yang sering menjebak orang tua pada emosi tak berdasar. Dunia anak inilah yang akan menentukan bagaimana kelak dewasanya. Sering orang tua mengkhawatirkan pendidikan tinggi di universitas. Padahal pendidikan paling penting justru ada di...Refresh Your Mind
The following two tabs change content below.

Latest posts by Andi ardianto (see all)