Gaulfresh.Com-Sobat, ada beberapa sifat-sifat yang dimiliki Rasulullah sehingga Beliau pantas disebut sebagai pendidik. Diantaranya adalah:
1. Memiliki Kasih Sayang.

pendidikSuatu ketika, Abdullah bin Abbas menuturkan: “Suatu hari aku berada di belakang Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Wahai anak, aku akan mengajarkan kepadamu beberapa kalimat: “Jagalah (perintah) Allah, pasti Allah akan menjagamu. Jagalah (perintah) Allah, pasti kamu selalu mendapatkan-Nya di hadapanmu. Jika kamu meminta, mintalah kepada Allah, jika kamu memohon pertolongan, mohonlah pertolongan kepada Allah.”(HR. Tirmidzi)

Kasih sayang merupakan sifat yang wajib dimiliki oleh Pendidik. Sifat ini bisa dilihat dari adanya rasa sayang kepada orang lain. Adanya dorongan perasaan untuk memberi sesuatu yang kita miliki agar orang lain bisa berubah ke arah yang lebih baik. Dorongan perasaan untuk melindungi, menjaga. Perhatian kepada orang lain. Kita tahu bahwa ketika seorang pendidik ingin mendidik peserta didiknya. Tentunya dia akan memberikan sesuatu, baik itu berupa ilmu, nasehat atau sesuatu yag berharga. Sehingga peserta didiknya berubah. Nah…. jika pendidik tidak memiliki kasih sayang. Maka dalam mendidikpun, dia tidak akan maksimal. Apalagi, pada saat mendapatkan tantangan, seperti kenakalan peserta didik. Sifat kasih sayang ini, akan memberikan dorongan yang kuat sehingga pendidik akan berusaha menyelesaikan tantangan tersebut. Ketika menghadapi anak yang kurang serius belajar. Padahal mungkin sudah dijelaskan dengan berbagai cara. Maka, biasanya pendidik bisa stress dan marah. Namun sifat kasih sayang ini, bisa menyembuhkan. Perlu diingat. Bahwa kasih sayang ini merupakan manifestasi dari gharizah na’u. Oleh sebab itu, haruslah dikendalikan oleh gharizah tadayuun. Yaitu merasa bahwa mendidik merupakan perintah Allah SWT. Sehingga kasih sayang ini bisa tersalurkan dengan benar dan tetap stabil. Pendidik akan senantiasa terus mendidik dengan penuh kasih sayang karena merasa bahwa perintah Allah. Pendidik akan berhenti, sampai kewajiban dari Allah telah dilaksanakan dengan baik.

(BERSAMBUNG)

http://gaulfresh.com/wp-content/uploads/2016/05/pendidik.jpghttp://gaulfresh.com/wp-content/uploads/2016/05/pendidik-150x150.jpgAnsarullah Narang(Kontributor Gaulfresh)Tips TrikAla,pendidik,RasulullahGaulfresh.Com-Sobat, ada beberapa sifat-sifat yang dimiliki Rasulullah sehingga Beliau pantas disebut sebagai pendidik. Diantaranya adalah: 1. Memiliki Kasih Sayang. Suatu ketika, Abdullah bin Abbas menuturkan: “Suatu hari aku berada di belakang Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Wahai anak, aku akan mengajarkan kepadamu beberapa kalimat: “Jagalah (perintah) Allah, pasti Allah...Refresh Your Mind
The following two tabs change content below.

Ansarullah Narang(Kontributor Gaulfresh)

Saya seorang Mahasiswa Pendidikan Fisika di Universitas Nusa Cendana. True Vision saya adalah Surga Allah SWT dan Big Vision saya adalah Menjalani peran-peran dalam kehidupan dengan maksimal untuk meraih Ridho Allah SWT. Salah satu Big Vision saya yaitu menjadi seorang Pendidik yang Profesional. 🙂

Latest posts by Ansarullah Narang(Kontributor Gaulfresh) (see all)