mtkGaulfresh.Com-Kalau kita bertanya kepada para siswa tentang pelajaran yang sulit dan menakutkan, pasti mayoritas siswa, mengatakan bahwa matematika. Memang pelajaran matematika merupakan salah satu dari beberapa pelajaran yang kurang diminati oleh siswa-siswi. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena persepsi mereka yang sejak awal sudah tertanam lama bahwa matematika itu pelajaran yang sulit. Hanya orang-orang yang jenius saja yang bisa menyelesaikan soal-soal matemtika. Akibatnya mereka kehilangan motivasi dan semangat untuk belajar matematika. Persepsi-persepsi diatas dapatkan ditemukan sekitar lingkungan kita. Interaksi bersama teman-teman atau melalui berbagai macam media-media.

 
Lantas bagaimana agar kita bisa senang dan termotivasi untuk belajar matematika? Tentu saja kita harus tahu dulu apa sih manfaat belajar matematika. Memahami tentang manfaat-manfaat ini, akan mendorong sekaligus merubah mainset pelajar-pelajar. Seperti ketika mengapa mereka senang bermain game? karena game akan memberikan rasa penasaran, ketika permainan itu berupa petualangan. Game juga memberikan kita, pikiran yang rileks. Pada saat pelajaran di sekolah menumpuk. Karena anak-anak sadar akan manfaat ini, maka mereka meluangkan waktu bermain game. Oleh sebab itu, anak-anak harus ditanamkan kepada mereka berbagai manfaat yang mereka rasakan langsung, jika telah paham belajar matematika. Sobat, ni… ada beberapa manfaat belajar matematika yaitu:

 
1. Melatih kita cara berpikir sistematis.
Pelajaran matematika merupakan ilmu yang sistematis, dan bersifat hierarki, memiliki urutan-urutan tertentu dan teratur. Jika dibawah kehidupan nyata, maka akan melatih kita untuk memiliki cara berpikir yang sistematis terhadap berbagai macam masalah. Akibatnya masalah menjadi mudah untuk diselesaikan.

 

 

2. Melatih menarik kesimpulan secara tepat dan benar.
Berpikir matematika merupakan berpikir deduktif. Menarik kesimpulan berdasarkan hal-hal yang berifat umum. Sehingga kita terhindar dari mengambil kesimpulan tidak logis atau kebetulan.

(bersambung)

http://gaulfresh.com/wp-content/uploads/2016/03/mtk.jpghttp://gaulfresh.com/wp-content/uploads/2016/03/mtk-150x150.jpgAnsarullah Narang(Kontributor Gaulfresh)Tips Trikbelajar,manfaat,matematikaGaulfresh.Com-Kalau kita bertanya kepada para siswa tentang pelajaran yang sulit dan menakutkan, pasti mayoritas siswa, mengatakan bahwa matematika. Memang pelajaran matematika merupakan salah satu dari beberapa pelajaran yang kurang diminati oleh siswa-siswi. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena persepsi mereka yang sejak awal sudah tertanam lama bahwa matematika itu...Refresh Your Mind
The following two tabs change content below.

Ansarullah Narang(Kontributor Gaulfresh)

Saya seorang Mahasiswa Pendidikan Fisika di Universitas Nusa Cendana. True Vision saya adalah Surga Allah SWT dan Big Vision saya adalah Menjalani peran-peran dalam kehidupan dengan maksimal untuk meraih Ridho Allah SWT. Salah satu Big Vision saya yaitu menjadi seorang Pendidik yang Profesional. 🙂

Latest posts by Ansarullah Narang(Kontributor Gaulfresh) (see all)