Gaubumilfresh.Com-8. Belajar dari Pengalaman Pribadi

Manusia selalu dituntut memilih diantara pilihan-pilihan. Jika tidak mau memilihpun, sebenarnya kita sudah memilih untuk tidak memilih. Bahkan kita tetap memilih dalam keadaan terpaksa. Apa yang kita lihat pada diri ini merupakan akumulasi dari pilihan-pilihan di masa lalu. Dan seperti apa di masa depan ditentukan dari pilihan-pilihan kita sekarang.

 
Setiap pilihan yang dibuat selalu memiliki investasi, konsekuensi dan resiko. Tidak ada pilihan yang tidak memiliki ketiga hal tersebut. Belajar dari pengalaman pribadi adalah belajar dari setiap pilihan-pilihan yang telah dipilih sebelum. Banyak pengalaman-pengalaman atau cerita kenangan di masa lalu. Dimana kita telah mengetahui adanya investasi, konsekuensi dan resiko. Sehingga kita telah mendapatkan akumulasi pengalaman-pengalaman. Ini bisa dijadikan sebagai pengetahuan baru bagi kitasaat ini untuk cerdas dalam memilih setiap tindakan agar kita lebih maju di masa depan.

 

Oleh sebab itu, kita haruslah senantiasa muhasabah diri mengenai pilihan-pilihan yang telah dibuat.
Pengalaman pribadi di masa lalu kadang bisa membuat kita sukses ataupun tidak. Tiap rencana dan tindakan yang dilakukan kadang memberikan hasil yang diharapkan, kadang pula tidak. Namun mengambil hikmah (belajar) dari kedua keadaan ini diperlukan sekali. Jangan hanya salah satu saja yang dipelajari. Bahkan belajar dari kesalahan merupakan sebuah cara yang akan sangat membantu kita, sehingga tidak melakukan kesalahan di masa sekarang.

(Bersambung)

http://gaulfresh.com/wp-content/uploads/2016/01/bumi.jpeghttp://gaulfresh.com/wp-content/uploads/2016/01/bumi-150x150.jpegAnsarullah Narang(Kontributor Gaulfresh)Tips Trik3,8,belajar,di,kiat,sekarang,zamanGaulfresh.Com-8. Belajar dari Pengalaman Pribadi Manusia selalu dituntut memilih diantara pilihan-pilihan. Jika tidak mau memilihpun, sebenarnya kita sudah memilih untuk tidak memilih. Bahkan kita tetap memilih dalam keadaan terpaksa. Apa yang kita lihat pada diri ini merupakan akumulasi dari pilihan-pilihan di masa lalu. Dan seperti apa di masa depan ditentukan...Refresh Your Mind
The following two tabs change content below.

Ansarullah Narang(Kontributor Gaulfresh)

Saya seorang Mahasiswa Pendidikan Fisika di Universitas Nusa Cendana. True Vision saya adalah Surga Allah SWT dan Big Vision saya adalah Menjalani peran-peran dalam kehidupan dengan maksimal untuk meraih Ridho Allah SWT. Salah satu Big Vision saya yaitu menjadi seorang Pendidik yang Profesional. 🙂

Latest posts by Ansarullah Narang(Kontributor Gaulfresh) (see all)