Peran Anak Mewujudkan Keluarga Samara Gaulfresh.com- Keluarga adalah salah satu kelompok terkecil dalam struktur masyarakat, didalamnya terdapat ayah, ibu, dan anak. Terlepas berapa jumlah ibu dan anak. Keluarga idaman yakni yang Sakinah Mawadah wa Rahmah (SAMARA) adalah impian setiap keluarga. Muslim maupun non muslim pasti menginginkan hal ini. Iya sakinah yang artinya merasa tenang dan aman Mawadah yang artinya penuh cinta dan kasih sayang dan Rahmah artinya dirahmati atau diberkahi.

Menciptakan keluarga “SAMARA” bukan hanya menjadi kewajiban orang tuanya saja. Selain orang tua di dalam keluarga itu terdapat anak, maka anak pun ada andil didalamnya untuk menciptakan keluarga “SAMARA”. Lalu bagaimanakah peran anak untuk menciptakan keluarga “SAMARA” ini? Banyak hal sebenarnya yang dapat anak lakukan untuk membantu terciptanya hal demikian.

Namun yang terpenting dalam hal ini adalah bagaimana sang anak dapat membuat orangtuanya bahagia dengan segala prestasi yang dicapainya dan mewujudkan cita-cita orang tuanya, dan juga bagaimana sang anak dapat menenangkan dan mendamaikan hati orang tua saat keduanya berada dalam puncak hati yang tidak tentram.

Untuk membahagiakan kedua orang tua mungkin mudah, karena sang anak hanya harus bersungguh-sungguh untuk mencetak prestasi dan mewujudkan cita-cita orang tuanya dengan catatan tetap dalam koridor syariah Islam. Karena pada prinsipnya semua orang tua menginginkan anaknya lebih baik daripada dirinya baik dari segi kepribadian, ilmu, dan keberuntungan (rizky).

Khususnya orang tua muslim menginginkan anaknya menjadi anak yang shaleh/shaleha. Untuk menjadi anak yang shaleh/shaleha hanya satu pedomannya yaitu tetap berpegang teguh pada Al Qur’an dan As Sunnah sebagai pedoman hidup seluruh umat Islam.

Selanjutnya langkah yang lebih sulit dari cara diatas yaitu bagaimana cara anak dapat menenangkan dan mendamaikan hati orang tua. Contoh kecil ketika orang tua sedang menghadapi suatu masalah yang dirasa amat berat. Disini anak harus bisa menenangkan hati orang tua tidak mesti memeluk dan memberikan harapan-harapan yang amat indah dan mungkin saja tidak akan terwujud.

Lakukanlah tindakan nyata untuk menenangkan hati orang tua, misalnya jangan memancing kejengkelan dan kemarahan saat kita tau orang tua sedang dalam keadaan dilanda masalah. Jangan merengek minta ini dan itu, tahan dulu apa yang diinginkan sampai kondisi memungkinkan untuk mengungkapkan keinginan itu. Jangan mengeluh dengan masalah yang dihadapi karena itu akan membuat masalah yang dihadapi orang tua semakin berat. Paling tidak jika tidak bisa membantu menyelesaikan masalah orang tua, ringankanlah permasalahan yang mereka hadapi dengan tidak menyampaikan masalah yang kita hadapi. Dan yang terpenting adalah berdo’a!!

 

Oleh: Sarah Mulyani (Kontributor Gaul Fresh)

http://gaulfresh.com/wp-content/uploads/2015/08/jhdfh.jpghttp://gaulfresh.com/wp-content/uploads/2015/08/jhdfh-150x150.jpgsarah mulyaniMotivasiNafsiyahRemajaanak,keluarga,Mawadah,Mewujudkan,Peran,Rahmah,Sakinah Gaulfresh.com- Keluarga adalah salah satu kelompok terkecil dalam struktur masyarakat, didalamnya terdapat ayah, ibu, dan anak. Terlepas berapa jumlah ibu dan anak. Keluarga idaman yakni yang Sakinah Mawadah wa Rahmah (SAMARA) adalah impian setiap keluarga. Muslim maupun non muslim pasti menginginkan hal ini. Iya sakinah yang artinya merasa tenang...Refresh Your Mind
The following two tabs change content below.
Good person is not certain good from Allah and also bad person is not certain bad from Allah.

Latest posts by sarah mulyani (see all)