menahan-amarah-pengusaha-sukses

GauFresh.com- Semua manusia pernah marah. Tapi ada tiga model manusia ketika sedang marah. Ada yang tidak cepat marah, tapi kalau marah cepat reda. Ada pula yang cepat marah dan cepat reda. Dan ada juga cepat marah lambat redanya. Kamu termasuk model yang mana?

Kalau menurut hadist Rasulullah Saw, dari Abi Sa’id al-Hudri ra, model terbaik dari ketiganya adalah tidak cepat marah, tapi kalau marah cepat reda. Dan yang terburuk adalah yang cepat marah lambat redanya. “Orang yang kuat, bukanlah yang kuat karena berkelahi. Tapi orang yang kuat adalah yang bisa menguasai dirinya ketika akan marah”. Ini bunyi hadist Rasulullah Saw lainnya yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra.

Kita tentu pengen jadi yang terbaik, terutama dihadapan Allah Swt. Kita pun pasti pengen jadi orang yang kuat. Berarti, kita kudu berusaha nahan amarah. Nah, ada beberapa cara menahan amarah. Pertama, membaca ta’awudz

أعوذُ بالله مِنَ الشَّيْطانِ الرَّجيمِ

Kedua, diam dan jaga lisan. Ini adalah anjuran nabi. Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah Saw bersabda,  “Jika kalian marah, diamlah.” (HR. Ahmad) Kalau buat anak cewek ni lumayan susah dilakukan. Tapi dengan berharap ridha Allah Swt, kita bisa berusaha buat melakukannya.

Ketiga, mengambil posisi lebih rendah. Dari Abu Dzar ra, Rasulullah Saw menasehatkan, “Apabila kalian marah, dan dia dalam posisi berdiri, hendaknya dia duduk. Karena dengan itu marahnya bisa hilang. Jika belum juga hilang, hendak dia mengambil posisi tidur. (HR. Ahmad)

Keempat, segera berwudhu atau mandi. Marah dari setan dan setan terbuat dari api. Padamkan dengan air yang dingin. Hadist dari Urwah As-Sa’di ra, mengatakan, Sesungguhnya marah itu dari setan, dan setan diciptakan dari api, dan api bisa dipadamkan dengan air. Apabila kalian marah, hendaknya dia berwudhu. (HR. Ahmad 17985 dan Abu Daud 4784).

Marah adalah akhlak buruk. Dengan menahan amarah, kita sudah berusaha menghiasi diri dengan akhlak terpuji. Yuk, berusaha jadi hamba Allah Swt yang baik.

Suber inspirasi: Buku Pilar-Pilar Pengokoh Nafsiyah dan KonsultasiSyariah.com

By. Eva Arlini (Kontributor Gaul Fresh & Aktivis MHTI)

Eva MustanirNafsiyahJadi Orang KuatGauFresh.com- Semua manusia pernah marah. Tapi ada tiga model manusia ketika sedang marah. Ada yang tidak cepat marah, tapi kalau marah cepat reda. Ada pula yang cepat marah dan cepat reda. Dan ada juga cepat marah lambat redanya. Kamu termasuk model yang mana? Kalau menurut hadist Rasulullah Saw, dari Abi...Refresh Your Mind
The following two tabs change content below.
Orang Medan yang rindu hidup dalam Kehidupan Islam, hobi nulis untuk memperluas jangkauan dakwah. 5 buah tulisannya sudah dibukukan dalam buku antologi. Berbagai artikelnya pernah dimuat di surat kabar lokal maupun nasional. Semoga kemenangan Islam cepat terwujud, amin

Latest posts by Eva Mustanir (see all)