GaulFresh. Com – Kalo kita jalan ke pasar atau tempat umum akan banyak terlihat yang berbuka di siang hari. Padahal belum magrib. Atau ada yang pulang dari pasar malah membawa secangkir minuman es. Dan anehnya ga puasa ga malu lagi menampakan ketidaksanggupannya atau makan depan umum orang yang berpuasa. Sungguh budaya malu karena keimanan kepada Allah sudah ga da lagi. Kalo anak-anak yang berbuka masih dimaklumi, perempuan yang berbuka mungkin ada uzur atau halangan. Nah, yang gaswat kalo laki-laki ikutan berbuka puasa. Apa alasannya? Masa sih nahan lapar aja ga kuat. Padahal laki-laki kan punya kelebihan dari pada perempuan. Bisa men-full-kan puasa sebulan penuh.

Nah, emang sobat, kal kita lihat dalam surat al baqarah ayat 183, yang berbunyi :
يا يهااذين امنو كتب عليكم الصيام كما كتب على الذين من قبلكم لعلكم تتقون (١٨٣)
Artinya : Wahai oang-orang yang beriman ! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.

Hai orang-orang yang beriman, yang ga beriman ga hai. Jadi puasa itu emang untuk orang yang beriman saja kepada Allah. Karena puasanya orang-orang yang beriman itu hanya untuk Allah saja. Selain itu juga kita pun harus puasa mata, telinga, mulut, hidung dan anggta badan kita dari maksiat kepada Allah. Misalnya aja masih buka aurat, berarti badannya ga puasa dari mengumbar kecantikan depan umum. Yang pacaran juga, masih pelukan di atas motor, nah kan ga puasa tuh hatinya dan badannya. Walau bisa nahan ga makan seharian. Duh….tercemar dong puasa-puasa masih maksiat ada Allah.

Sobat yang dirahmati Allah, jangan sia-siakan puasamu dengan membatalkan puasa hanya karena belanja di tengah siang bolong. Jangan hancurkan amalanmu karena maksiat kepada Allah. Ayo fastabiqul khoirot, berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan dengan menjaga amalan puasa kita. Jauhi maksiat! Agar kita bisa kembali fitrah di hari raya Id’hul fitri nanti.

Desti Marzuliantini (Penulis Nafsiyah Gaul Fresh, The Keeper Istiqomah)

Desti EmZetNafsiyahga,malu,puasaGaulFresh. Com - Kalo kita jalan ke pasar atau tempat umum akan banyak terlihat yang berbuka di siang hari. Padahal belum magrib. Atau ada yang pulang dari pasar malah membawa secangkir minuman es. Dan anehnya ga puasa ga malu lagi menampakan ketidaksanggupannya atau makan depan umum orang yang berpuasa....Refresh Your Mind
The following two tabs change content below.

Desti EmZet

Penulis Nafsiyah at GaulFresh

Latest posts by Desti EmZet (see all)