keutamaan-ilmuGaulFresh.com- Alangkah seringnya kita begitu cepat puas dalam menimba ilmu. Merasa cukup dengan apa yang sudah dipelajari, padahal sebenarnya diri kita masih hampa, kurang ilmu. Terlebih ketika kita belajar tsaqofah islam, seringnya kita menganggap remeh tsaqofah islam yang mudah untuk kita pelajari, hingga merasa bahwa itu tak perlu untuk dikaji. Atau kita mencukupkan diri dengan tsaqofah islam yang sudah kita pelajari dan menganggap diri tak mampu untuk memahami tsaqofah islam yang lain karena seolah-olah terlalu tinggi. Adakah dari kita yang masih seperti itu?

Maka janganlah kita merasa cukup dengan ilmu yang sudah kita punya, kawan. Perbanyaklah mengkaji, mengkaji, dan mengkaji islam. Pelajari buku dan mintalah bimbingan pada mereka yang lebih paham dan menggunakan sumber rujukan yang benar. Dan tak lupa ketika kita sudah belajar dan berusaha untuk paham, maka ilmu itu tidak hanya kita jadikan sebagai penghias ruang otak semata. Namun harusnya kita jadikan ilmu itu sebagai amal praktis yang kita terapkan dalam keseharian kita.

Ibnu Al-Jauzi dalam Shaid al-Khathir, hal 62 mengatakan bahwa sebaik-baik perkara adalah membekali diri dengan ilmu. Jika seseorang merasa cukup dengan apa yang diketahuinya, maka dia telah diperbudak oleh pikiran (pandangan)-nya. Akhirnya, dia pun begitu mengagungkan dirinya, sehingga menghalanginya untuk belajar kepada orang lain. Padahal, dengan saling belajar, akan tampak kesalahan (dan kekurangan)-nya.

Oleh: Ummu Kultsum (Kontributor Gaul Fresh)

http://gaulfresh.com/wp-content/uploads/2016/01/keutamaan-ilmu.jpghttp://gaulfresh.com/wp-content/uploads/2016/01/keutamaan-ilmu-150x150.jpgUmmu KultsumNafsiyahBelajar Islam,mengkaji islam,YukNgajiGaulFresh.com- Alangkah seringnya kita begitu cepat puas dalam menimba ilmu. Merasa cukup dengan apa yang sudah dipelajari, padahal sebenarnya diri kita masih hampa, kurang ilmu. Terlebih ketika kita belajar tsaqofah islam, seringnya kita menganggap remeh tsaqofah islam yang mudah untuk kita pelajari, hingga merasa bahwa itu tak perlu untuk...Refresh Your Mind
The following two tabs change content below.
Mahasiswa Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya yang sedang belajar Pemetaan Sumberdaya Pesisir dan Laut, Desain Grafis, serta Menulis.

Latest posts by Ummu Kultsum (see all)