imagesSalah satu tujuan dalam pendidikan adalah membentuk pelajar yang memiliki knowledge dan kepribadian yang mantap (salah satu, apa salah dua ya…he he he). Dua hal itulah yang sebenernya jadi parameter lulusan yang baik (parameter apaan ya??. Praja muda karana kalee. Eits… itu pramuka. Ini PARAMETER ato U.K.U.R.A.N). Gitu juga orangtua kita sob, pasti pengen anaknya miliki dua hal tersebut.

Sebagai salah satu standar kelulusan pada tingkat akhir, kite-kite para pelajar akan disuguhin Ujian Sekolah (US) dan Ujian Nasional (UN). Bagi yang kite-kite yang pade lulus ujian, akan ngelanjutin ke jenjang pendidikan berikutnye dan sebaliknye yang nggak lulus siap-siap deh pasti akan ngulang!. Nggak banget deh.

Ada beberapa cara nih sob agar kita ngejalanin ujian dengan baik ‘en lancar, salah satunya dengan motivasi. Salah satu bentuk motivasi yang bisa kita terapin adalah motivasi “ON”. Apa sih motivasi “ON” itu?. Mau tao ajah atao mau tao bingitz? Ada 4 hal sob. Yuk kita bahas satu persatu (jangan kemana-mana ya, tetap plototin gadget or laptop antum).

1. Vision

Miliki deh sob, visi atau impian yang tinggi ‘en riil. Impian tinggi artinya nggak setengah-setengah. Tanamkan pada diri harus miliki impian setinggi mungkin, nggak perlu atut or takut untuk miliki impian coz impian itu “gratis” kok, nggak perlu bayar. Sebagai contoh nih ya, pada UN nanti targetkan semua dapet nilai 100. Itulah impian nilai UN tertinggi. Nggak hanya nargetin nilai standar lulus UN. Pilih yang mana sob?, nargetin dapet nilai 100 ternyata habis UN dapet nilai 90 atau target dapet nilai 70 ternyata dapet nilai 70 beneran?. Pilih mana bapak/ibu? Eits… maksud inyong, pilih mana akhi-ukhti? (arab banget khan…he). Apalagi, kalo nargetin dapat nilai 100, ternyata semua nilai mata pelajaran UN dapet nilai 100 beneran. Asyik apa asyik tuh. Alhamdulillah.

Visi atau impian yang riil artinya impian yang masuk di akal elo-elo pade. Sebagai contoh, target dapet nilai 100 pada UN adalah riil. Tapi, kalo nargetin nilai 200 adalah hal yang nggak riil sob. Paham?. Sama halnya, mau dapet nilai bagus pada UN tapi enggan belajar dan malas-malasan atau mau sukses UN dengan “berkah” dan diridhoi Allah tapi minta bantuan dukun dan buat contekan (bahasa prancisnya, ngerpek). Semua itu nggak riil sob.

Visi atau impian akan membuat jalan kesuksesan pada diri kita. Maka dari itu, tanamkanlah “vision” dalam diri kita. Setuju sob?. So pasti dong.

2. Action

Kita harus action!. Jangan cuma memiliki target tinggi, namun nggak ada usaha ngeraih target tersebut. Tanamkan dan tumbuhkan pada diri kita agar maksimal usaha ngeraih target dan upaya sesuai target. Sesuai target artinya kalo pengen dapet nilai 100, ya harus belajar maksimal dong, sebagaimana belajarnya orang yang pengen dapet nilai 100, bukan belajar seperti belajarnya orang yang cuman pengen dapet nilai 60 ato 70. Selain itu, teruslah optimis, bersungguh-sungguh dan tetap tenangkan diri hadapi UN.

3. Passion

Gue kasihtau ya sob, yang terpenting nih ya.. dalam ngelakuin usaha adalah semangat dan keinginan yang besar. Tumbuhkan semangat kita dalam belajar. Kalo kita semangat, akan ngedorong kita untuk konsisten, ngedorong kita kreatif dalam belajar dan impian kita pun insyaAllah akan terwujud. Percaya deh.

4. Collaboration

Tumbuhkan pada diri “skill” agar bisa ngelakuin collaboration (ciye.. ciye.. mantap khan English gue.. heh..) dengan sesuatu atau orang-orang yang ada di dekat kita. “Libatin” Allah dalam setiap aktifitas kita dengan yakin kepada Allah always (bahwa Allah-lah yang menghidupkan manusia dan akan menolong hambaNya yang meminta kepadaNya). Tanamkan dalam keyakinan kita bahwa Allah telah nyiptain alam semesta, manusia dan kehidupan ini dengan gimpil alias gampang or mudah, apalagi “sekedar” memudahkan urusan-urusan manusia. Maka dari itu, berdoalah kepadaNya, minta agar impian tercapai dan tentunya dibarengi dengan rasa tunduk, ikhlas dan nyerahin semua urusan kepadaNya. Latih diri kita agar mampu bekerjasama dengan guru (dalam hal belajar, mencari ilmu, konsultasi masalah pelajaran dsb), dengan ortu (dalam meminta doanya, saran-saran dsb) dan dengan temen-temen or saudara (bertanya, belajar kelompok, mencari referensi, latihan-latihan soal de es be).

And penting bingitz ngedidik diri agar komitmen untuk nggak ngelakuin kecurangan seperti nyontek, membeli/membuat kunci jawaban, kerjasama dengan temen saat ujian, apalagi minta bantuan sama mbah dukun. Idiiiih nggak bingit deh…

Semoga aja ya sob, motivasi “ON” ini dapat kita terapin en ngebantu kita agar bisa ngejalanin ujian dengan lancar, tenang, lulus ujian dengan hasil yang terbaik plus dapat ngelanjutin ke pendidikan selanjutnya di sekolah favorit kita. Oke bro en sis. Aamiin ya robb.

By. Yusuf, S.Pd.I, M.Pd (Dosen, Trainer-Motivator & Penulis GaulFresh)

http://gaulfresh.com/wp-content/uploads/2016/04/images.jpghttp://gaulfresh.com/wp-content/uploads/2016/04/images.jpgYusufjr1953MotivasiHadapi,motivasi,ON,UNSalah satu tujuan dalam pendidikan adalah membentuk pelajar yang memiliki knowledge dan kepribadian yang mantap (salah satu, apa salah dua ya...he he he). Dua hal itulah yang sebenernya jadi parameter lulusan yang baik (parameter apaan ya??. Praja muda karana kalee. Eits... itu pramuka. Ini PARAMETER ato U.K.U.R.A.N). Gitu juga...Refresh Your Mind
The following two tabs change content below.

Yusufjr1953

Latest posts by Yusufjr1953 (see all)