“Ibunya mengandung dengan susah payah dan melahirkannya dengan susah payah(pula).”
TQS Al-Ahqaaf:15

aaaaaaGaulfresh.Com-Sobat, ketika kamu pergi ke sekolah. Pasti kamu selalu membawa tas. Tas yang dibawa tidak mungkin tanpa barang. Yang namanya anak sekolah, tasnya biasa berisi buku-buku dan peralatan menulis. Dan ukuran beratnya berbeda-beda. Pengalaman penulis, ketika masih belajar di sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas, biasa membawa tas yang berisi buku-buku dalam jumlah banyak. Sehingga dibandingkan tas yang dimiliki oleh teman-teman lain. Mereka kadang tertawa dan sdikit menyindir. Diantara sobat juga kemungkinan mengalami hal yang demikian.
Sobat, pengalaman kita memikul tas, tidak jauh berbeda dengan pengalaman seorang ibu dalam mengandung. Kita sekarang ini adalah manusia yang pernah berada di dalam perutnya ibu. Sobat tahu nggak beban berat ibu dalam mengandung seorang bayi? Bisa dilihat aja di Mesin pencari goggle tentang data-data berat kandungan ibu.

 
Nah, berarti dalam kurung waktu ± 9 bulan itu. Ibu membawa kita kemana-mana. Semakin hari, beban ibu semakin berat. Entah pergi ke pasar, mengajar, WC, dapur, kamar tidur atau menempuh perjalanan yang jauh dari tempat tinggal kita. Coba dibayangin aja, kita yang membawa tas berisi buku. Hanya beberapa jam aja.… kadang sudah capek. Kadang pula suka mengeluh. Tapi bagaimana dengan seorang ibu? bahkan setiap saat selama 9 bulan tersebut. Oleh sebab itu. Perintah Allah untuk berbakti kepada ibu lebih besar dibandingkan bapak. Berdasarkan hadist dari Abu Hurairah yaitu “Seseorang datang kepada Rasulullah SAW dan berkata,” Wahai Rasulullah,kepada siapakah aku harus berbakti prtama kali?’ Nabi SAW, “Ibumu! Dan orang tersebut kembali bertanya,’kemudian siapalagi?’ Nabi SAW menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali,”Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘ibumu.’ Orang tersbut bertanya kembali,’Kemudian siapa lagi?’ Nabi SAW menjawab,”Kemudian ayahmu.”(HR. Bukhari dan Muslim)

 

Hal yang sama juga disampaikan oleh Imam Al-Qurthubi yaitu “Kecintaan dan kasih sayang terhadap seorang ibu, harus tiga kali lipat besarnya dibandingkan terhadap seorang ayah.”
Oleh sebab itu, marilah kita bersama-sama berbakti kepada ibu dengan penuh keikhlasan 🙂

http://gaulfresh.com/wp-content/uploads/2016/04/aaaaaa.jpghttp://gaulfresh.com/wp-content/uploads/2016/04/aaaaaa-150x150.jpgAnsarullah Narang(Kontributor Gaulfresh)Motivasimother“Ibunya mengandung dengan susah payah dan melahirkannya dengan susah payah(pula).” TQS Al-Ahqaaf:15 Gaulfresh.Com-Sobat, ketika kamu pergi ke sekolah. Pasti kamu selalu membawa tas. Tas yang dibawa tidak mungkin tanpa barang. Yang namanya anak sekolah, tasnya biasa berisi buku-buku dan peralatan menulis. Dan ukuran beratnya berbeda-beda. Pengalaman penulis, ketika masih belajar di...Refresh Your Mind
The following two tabs change content below.

Ansarullah Narang(Kontributor Gaulfresh)

Saya seorang Mahasiswa Pendidikan Fisika di Universitas Nusa Cendana. True Vision saya adalah Surga Allah SWT dan Big Vision saya adalah Menjalani peran-peran dalam kehidupan dengan maksimal untuk meraih Ridho Allah SWT. Salah satu Big Vision saya yaitu menjadi seorang Pendidik yang Profesional. 🙂

Latest posts by Ansarullah Narang(Kontributor Gaulfresh) (see all)