Manajemen WaktuGaulFresh.Com –

Rasulullah saw bersabda : “Manfaatkan 5 perkara sebelum datang 5 perkara: waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu, waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, waktu kayamu sebelum datang waktu fakirmu, waktu senggangmu sebelum datang waktu sibukmu, waktu hidupmu sebelum datang waktu matimu.” (HR. Hakim)

Sobat, salah satu keindahan Islam adalah manajemen waktu didalam kehidupan. Waktu adalah salah satu nikmat yang besar yang wajib disyukuri dan dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

Waktu adalah harta yang termahal yang kita miliki di dunia. Waktu tidak dapat dibeli, tidak dapat ditahan sejenak dan waktu juga tidak dapat diputar ulang kembali. Hakikatnya umur manusia hanya sebentar selama kesudahan hidup itu maka tibalah kematian. Namun, banyak dari kita ternyata sangat menyia-nyiakannya dan bahkan meremehkannya.

Rasulullah bersabda.” Dua Nikmat yang sering melenakan kebanyakan manusia, yaitu kesehatan dan waktu luang.”.

Maksud hadits diatas adalah terdapat dua nikmat yang dikaruniakan oleh Allah swt kepada manusia, akan tetapi kebanyakan mereka tidak memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.

Sobat, waktu itu adalah amanah. Didalam Islam waktu bukanlah uang ataupun emas. Tetapi nyawa. Karena jika waktu terbuang atau hilang, tidak dapat diganti seperti layaknya nyawa. Manusia yang menyia-nyiakan waktu adalah manusia yang tidak menghargai hidup dan nyawanya.

Ingatlah firman Allah : “Demi waktu, sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman, mengerjakan amal sholeh dan saling nasehat-menasehati untuk menaati kebenaran dan menetapi kesabaran.” (QS. Al-Ashr: 1-3).

Nah sobat, bagi mereka yang mau berfikir, bahwa tujuan dia hidup di dunia ini untuk beribadah kepada Allah, maka sebisa mungkin dia akan memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Dia mampu untuk membagi waktunya untuk bermunajat kepada Allah, muhasabah diri serta selalu mendekatkan diri kepada Allah.

Oleh karena itu, bila masih mencintai diri sendiri untuk dapat menggapai kehidupan akhirat yang kekal abadi, maka jangan lewatkan waktu hidup ini dengan perkara sia-sia. Yang harus kita lakukan dalam hidup ini adalah manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk taat kepada Allah.

By: Minah (Kontributor Gaul Fresh dan Alumni Ksatria Pena)

http://gaulfresh.com/wp-content/uploads/2015/04/Manajemen-Waktu.jpghttp://gaulfresh.com/wp-content/uploads/2015/04/Manajemen-Waktu-150x150.jpgminahmahabbahMotivasidalam,Islam,manajemen,waktuGaulFresh.Com - Rasulullah saw bersabda : “Manfaatkan 5 perkara sebelum datang 5 perkara: waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu, waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, waktu kayamu sebelum datang waktu fakirmu, waktu senggangmu sebelum datang waktu sibukmu, waktu hidupmu sebelum datang waktu matimu.” (HR. Hakim) Sobat, salah satu keindahan Islam adalah...Refresh Your Mind
The following two tabs change content below.

minahmahabbah