pak andungaulfresh.com – Beberapa hari terakhir kita banyak disuguhi berita mengenai kisah Bapak Andun dan keluarganya yang dikabarkan sangat menyedihkan kondisi perekonomian keluarganya sehingga demi membuat tenang 7 anaknya yang sedang lapar ia memasak batu sampai anaknya tertidur.

Sobat, ada banyak sekali sebenarnya orang-orang seperti Pak Andun tersebut di sekitar kita. Hanya saja tidak semuanya dapat kita lihat di media-media sekarang.

Banyak hal yang hari ini dapat kita ambil pelajaran berharga dari kasus keluarga Pak Andun antar lain:

  1. Hal yang paling utama adalah bahwa hari ini kita bersyukur tidak mengalami kondisi Pak Andun yang kondisi ekonominya sangat memprihatinkan. Kita memang diwajibkan Allah untuk senantiasa bersyukur dalam kondisi apapun, sebab ini merupakan bagian dari keimanan yakni iman pada qadha baik dan buruknya berasal dari Allah SWT. Salah satu perintah Allah untuk kita agar senantiasa bersyukur setiap nikmat yang Allah berikan kepada kita terdapat pada al-Quran:

2_152

Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (ni’mat)-Ku. (QS.al-Baqarah:152)

  1. Jika kita perhatikan bagaimana sulitnya kehidupan Pak Andun, Istri dan ketujuh anaknya untuk bertahan hidup, banyak membuat orang-orang merasa hal itu sulit untuk dijalani dan dilalui. Tapi sebagaimana yang kita saksikan bahwa Pak Andun dan keluarganya mampu menjalani dan melaluinya.

2_286

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdo’a): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri ma’aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.”

(al-Baqarah:286)

Pelajaran kedua, harus senantiasa menjadi mental setiap muslim bahwa Allah tidak akan menguji seorang hamba di luar batas kemampuan hambaNya. Artinya, apa yang dialami oleh Pak Andun dan keluarganya merupakan yang telah Allah berikan dan tentunya cobaan tersebut tidak di luar batas kemampuan Pak Andun dan keluarganya.

 

Semoga dapat menjadi pelajaran bagi kita semua.

 

(Nurahimul Kahfi – Kontributor gaulfresh)

RizkiArtikelhikmah,Islamgaulfresh.com - Beberapa hari terakhir kita banyak disuguhi berita mengenai kisah Bapak Andun dan keluarganya yang dikabarkan sangat menyedihkan kondisi perekonomian keluarganya sehingga demi membuat tenang 7 anaknya yang sedang lapar ia memasak batu sampai anaknya tertidur. Sobat, ada banyak sekali sebenarnya orang-orang seperti Pak Andun tersebut di sekitar kita....Refresh Your Mind