jumatGaulfresh.com – Shalat Jum’at adalah salah satu bentuk syi’ar Islam. Masjid-masjid penuh, berbeda dengan shalat lainnya. Namun ada beberapa kesalahan atau kekurangan yang jamak dilakukan jama’ah shalat Jum’at. Diantara yang banyak kita jumpai adalah datang terlambat. Ketika waktu sudah menunjukkan khutbah segera dimulai banyak orang yang belum bersiap-siap ke masjid. Ada yang masih sibuk dengan perniagaan, pertanian, dan sederet aktivitas lainnya. Akibatnya mereka datang setelah khatib naik mimbar.

Padahal Allah sudah mengingatkan kita untuk bersegera memenuhi panggilan shalat Jum’at dan meninggalkan jual beli sebagaimana tercantum dalam QS. Al Jumu’ah: 9, “Wahai orang-orang yang beriman apabila telah diseru untuk melaksanakan shalat pada hari Jum’at, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui”

Namun ada pula yang sudah datang ke masjid tapi duduk-duduk sembari bercengkerama di masjid. Shaf masjid terasa longgar bukan karena banyak yang belum datang tapi karena teras lebih menjadi pilihan berdiam sembari menunggu shalat dimulai. Tidak jarang obrolan mereka terdengar sampai dalam masjid sehingga mengganggu khutbah. Orang yang berbicara ketika khatib sudah naik mimbar pada hakikatnya tidak mendapat pahala shalat Jum’at. Nah, sungguh rugi kalau begitu.

Andi Ardianto (Kontributor Gaulfresh dan Pengasuh PPTQ Insan Cendekia, Teras, Boyolali, Jawa Tengah)

Andi ardiantoIbadahdalam,jum'at,kekurangan,shalatGaulfresh.com - Shalat Jum’at adalah salah satu bentuk syi’ar Islam. Masjid-masjid penuh, berbeda dengan shalat lainnya. Namun ada beberapa kesalahan atau kekurangan yang jamak dilakukan jama’ah shalat Jum’at. Diantara yang banyak kita jumpai adalah datang terlambat. Ketika waktu sudah menunjukkan khutbah segera dimulai banyak orang yang belum bersiap-siap ke...Refresh Your Mind
The following two tabs change content below.

Latest posts by Andi ardianto (see all)