baju tamblnGaulFresh.Com – Siapa yang tidak kenal Ummar bin Khattab? Khalifah setelah Abu Bakar yang terkenal ketegasannya. Anaknya, Abdullah adalah anak yang sederhana. Karena ia tidak pernah mengenakan baju baru. Baju yang dipakai oleh Abdullah adalah baju lama yang penuh dengan tambalan. Betapa tidak? Total tambalan yang ada di bajunya telah mencapai empat belas!

“Baju kamu seperti anak gelandangan” kata salah seorang teman Abdullah.

Abdullah malu sekali, dia tidak tahan mendengar apa yang dikatakan oleh temannya itu. Ditambah lagi ketika teman-temannya menghitung tambalan yang ada di bajunya. Sepulangnya Abdullah, ia ditanya oleh Khalifah Umar bin Khattab.

“Kamu kenapa nak..”

“Aku malu, Teman-teman menghitung tambalan dibajuku, Ayah. ” Jawab Abdullah dengan terisak-isak

Khalifah Umar ingin tersenyum, tetapi ditahannya. “Memang berapa jumlah tambalan di bajumu anakku?”

“Empat Belas”

Khalifah Umar termenung. Meskipun seorang kepala negara Sob, beliau hidup sederhana, tinggalnya saja tidak di istana melainkan hanya dirumah biasa. Umar sadar bahwa baju anaknya sudah harus diganti. Namun apa daya, Umar tidak memiliki uang untuk membelikannya. Akhirnya umar berinisiatif untuk meminjam uang kepada Baitul Mal atau Kas Negara.

Umar pun menulis suratnya kepada bendahara baitul mal, beliau akan meminjam 4 dihram, insyaAllah jika bulan depan Umar sudah menerima gaji, maka uang 4 dihram tadi dikembalikan. Tapi apa Sob balasan bendahara tadi? Si bendahara berkata :

Kepada Amirul Mukminin Umar bin Khattab,

“……….Saya ingin bertanya kepada Anda, apakah saya bisa menjamin bahwa anda masih hidup hingga bulan depan untuk mengembalikan pinjaman anda? Seandainya ajal menjemput Anda sebelum bulan depan, apakah anda bisa mempertanggungjawabkannya dihadapan Allah?…”

Khalifah Umar yang membaca surat itu menangis, akhirnya niatnya beliau urungkan. Subhanallah Ya Amirul Mukminin. Sungguh, kepemimpinanmu patut diteladani. Beda dengan sekarang ya Sob? Yang dikit-dikit pemimpinnya utang luar negeri. []

 

Putri Hanifah (Kontributor, Administrator dan Agen Gaul Fresh SOLO)

http://gaulfresh.com/wp-content/uploads/2016/01/baju-tambln.jpghttp://gaulfresh.com/wp-content/uploads/2016/01/baju-tambln-150x150.jpgPutri HanifahCintaanak,Baju,Khalifah,tambalanGaulFresh.Com – Siapa yang tidak kenal Ummar bin Khattab? Khalifah setelah Abu Bakar yang terkenal ketegasannya. Anaknya, Abdullah adalah anak yang sederhana. Karena ia tidak pernah mengenakan baju baru. Baju yang dipakai oleh Abdullah adalah baju lama yang penuh dengan tambalan. Betapa tidak? Total tambalan yang ada di bajunya...Refresh Your Mind
The following two tabs change content below.
Revolter's Idea | Berharap Goresan Penanya bisa memberikan kontribusi bagi dunia dan kehidupan setelahnya | Menjadi Pendobrak Peradaban Kelam adalah Visi utamanya | Visit : PutryNieffa.blogspot.com

Latest posts by Putri Hanifah (see all)