Wanita dan ObrolannyaGaulfresh.com – Memang pada umumnya wanita itu senang bicara alias ngobrol. Ngobrol dengan teman-temannya, ngobrol dengan shahabatnya bisa lebih panjang lebar dan dalem banget tuh. Apalagi kalau dengan teman lama yang sudah sangat lama tak jumpa. Terbayang bagaimana panjangnya topik pembicaraan diantara mereka.

Topik obrolannya juga sudah bisa ditebak, kalau para aktivis ‘pacaran’ menjadi barang pasti topik obrolannya tuh seputar ‘pacaran’ dan tentang pasangannya. Kalo yang sering broken home, sudah menjadi barang pasti juga obrolannya seputar masalah yang ia hadapi di rumahnya. Ada juga yang sudah menikah, nggak jauh-jauh pembahasannya seputar pernikahan.

Iya begitulah wanita, mahluk yang sangat sensitif perasaannya dan mudah terusik hatinya. Spontanitasnya mengekspresikan perasaannya pun kadang membuat obrolan panjang seiring beralihnya dari satu topik pada topik yang lainnya. Tak sedikit pula, dari obrolan tersebut sampailah pada yang namanya ghibah alias ngomongin orang lain.

Bukannya tidak boleh nih yaa ngobrol-ngobrol panjang lebar dengan teman ataupun shahabat kita apalagi sampai jatuh pada hal yang diharamkan, ghibah contohnya. Orang yang sedang mengkaji Islam pun tak jarang yang terperosok dalam aktivitas ghibah karena berawal dari obrolan-obrolan diantara dirinya dan kawan-kawannya.

Mari lakukan manajemen diri, untuk tidak selalu menceritakan apa yang mengusik hati dan perasaan kita. Pilih dan pilah mana yang layak untuk diceritakan atau tidak. Apalagi yang lebih baik yang keluar dari ucapan kita selain dakwah? Iya dakwah, betapa indahnya jika wanita-wanita yang pada umumnya senang berbicara dalam pembicaraannya tiada lain adalah dakwah dalam mengingatkan pada kebaikan dan mencegah dari keburukan.

Sudah jelas Rosulullah SAW sampaikan dalam sabdanya “Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaknya ia berkata baik atau diam” (HR. Bukhori & Muslim). Jadi tak ada pilihan lain selain berkata baik, jika tidak mampu maka diam.

 

Oleh: Sarah Mulyani (Kontributor Gaul Fresh)

http://gaulfresh.com/wp-content/uploads/2016/03/Wanita-dan-Obrolannya.jpghttp://gaulfresh.com/wp-content/uploads/2016/03/Wanita-dan-Obrolannya-150x150.jpgsarah mulyaniCelotehDiam,manajemen,obrolan,sensitif,wanitaGaulfresh.com – Memang pada umumnya wanita itu senang bicara alias ngobrol. Ngobrol dengan teman-temannya, ngobrol dengan shahabatnya bisa lebih panjang lebar dan dalem banget tuh. Apalagi kalau dengan teman lama yang sudah sangat lama tak jumpa. Terbayang bagaimana panjangnya topik pembicaraan diantara mereka. Topik obrolannya juga sudah bisa ditebak, kalau...Refresh Your Mind
The following two tabs change content below.
Good person is not certain good from Allah and also bad person is not certain bad from Allah.

Latest posts by sarah mulyani (see all)