humood-alkhudher-kun-anta-1024x576

Gaul Fresh.com- Lagu berjudul Kun Anta kayaknya lagi ngetop ya. Baru tahu saya hehehe. Lagu itu bercerita tentang motivasi buat jadi diri sendiri. Lirik awalnya menggambarkan seorang gadis yang pengen berteman sama sekelompok gadis cantik. Untuk bisa menjadi teman mereka, si gadis berusaha meniru gaya para gadis cantik itu. Dia mengeluarkan sejumlah uang buat merubah penampilannya. Si gadis berhasil, menganggap diri lebih cantik dan merasa bangga.

Tapi pada akhirnya dia sadar, kalau kecantikan yang ia dambakan hanya sekedar penampakan luar. Dia merasa rugi, rugi uang, rugi waktu dan tenaga kali ya. Yang pastinya, merubah penampilan sampai menghilangkan bentuk asli yang udah dikasih Allah, kayak meluruskan rambut dan meratakan gigi, hanya biar bisa terlihat lebih cantik, itu dilarang Allah Swt.

Bunyi lirik Kun Anta selanjutnya, cantik itu dari dalam, bersinar dari hati. Nggak perlu pusing mikirin pandangan orang lain terhadap penampilan kita. Akhirnya si gadis dalam cerita lagu itu menerima fisik yang sudah diberikan Allah Swt. Dia bertekad bersifat qanaah (menerima keputusan Allah) dan pengen jadi diri sendiri saja, tidak lagi iri sama penampilan orang lain.

Yup, inilah pesan lagu Kun Anta. Para gadis diharapkan sadar, lalu bersyukur atas penampilan fisik yang sudah dikasih Allah Swt. Kulit yang hitam atau putih, rambut yang lurus atau keriting adalah nikmat Allah Swt yang mesti disyukuri. Jangan sampai nikmat Allah itu, yang tadinya nggak bakal kita pertanggungjawabkan dihadapan Allah, malah jadi pemberat dosa, karena berani merubahnya.

Kita harus menjadi diri sendiri. Nggak boleh berusaha merubah penampilan mengikuti orang lain. Tapi itu dalam hal yang buruk loh ya. Artinya merubah bentuk fisik yang sudah dikasih Allah. Tapi kalau meniru prilaku baik dari orang lain, tentu saja itu boleh bahkan dianjurkan. Ketika ada teman kita sholeh dan sholeha, taat ibadahnya, menutup auratnya, semangat ngajinya, menjaga pergaulan dan berdakwah untuk mengingatkan sesama muslim, tentu semua itu hal yang patut ditiru. Cantik itu dari hati, hati yang bersih, yang selalu mencari kebenaran, yang mudah tersentuh kebenaran dan berusaha buat jadi hamba Allah Swt  yang sholeh dan sholeha. Kun anta, jadilah dirimu sendiri.

By. Eva Arlini (Kontributor Gaul Fresh & Aktivis MHTI)

Eva MustanirCelotehMuslimahKun AntaGaul Fresh.com- Lagu berjudul Kun Anta kayaknya lagi ngetop ya. Baru tahu saya hehehe. Lagu itu bercerita tentang motivasi buat jadi diri sendiri. Lirik awalnya menggambarkan seorang gadis yang pengen berteman sama sekelompok gadis cantik. Untuk bisa menjadi teman mereka, si gadis berusaha meniru gaya para gadis cantik itu....Refresh Your Mind
The following two tabs change content below.
Orang Medan yang rindu hidup dalam Kehidupan Islam, hobi nulis untuk memperluas jangkauan dakwah. 5 buah tulisannya sudah dibukukan dalam buku antologi. Berbagai artikelnya pernah dimuat di surat kabar lokal maupun nasional. Semoga kemenangan Islam cepat terwujud, amin

Latest posts by Eva Mustanir (see all)